Advertisement here

Daftar Harga Bahan Bangunan Terbaru Juni 2021

daftar harga bahan bangunan

Ada banyak bahan bangunan yang dibutuhkan ketika membuat rumah, ruko, maupun gapura. Beberapa di antaranya batako, pasir, dan semen. Mengingat harga bahan bangunan tidak stabil, sebelum membeli sebaiknya cari tahu dulu harganya agar tidak kena tipu.

Kita tak bisa membantah kalau harga di setiap toko berbeda-beda, tapi paling tidak ada patokan pasti berapa harga maksimal dari material tersebut.

Untuk membuat bangunan tentunya dibutuhkan berbagai macam material, dan tidak boleh ada yang terlewat satupun agar pondasi dan strukturnya kokoh, sehingga bisa tetap awet sampai bertahun-tahun.

Nah, sebelum membahasa harga bahan bangunan terbaru, sebaiknya simak dulu jenis-jenis bahan bangunan yang biasa digunakan untuk membuat rumah.

Daftar Bahan Bangunan Terbaru

1. Pasir

Pertama ada pasir yang merupakan bahan paling utama dalam suatu pembangunan. Fungsi pasir tentu akan lebih optimal bila dipadukan dengan semen. Biasanya, pasir didapatkan melalui proses pertambangan di sungai, contohnya Sungai Progo Yogyakarta.

2. Semen

Selain pasir, semen juga masuk daftar jenis bahan bangunan yang sangat penting. Fungsinya tentu saja untuk melengkapi pasir serta menutupi batako agar terlihat lebih bagus. Biasanya, porsi semen lebih sedikit dibandingkan pasir, kira-kira satu banding dua.

3. Kerikil

Selanjutnya ada kerikil yang sangat bermanfaat dalam proses pembuatan suatu bangunan. Kerikil berfungsi untuk mengokohkan pondasi bangunan dan biasanya dipadukan dengan pasir dan semen. Ada banyak jenis kerikil, beberapa di antaranya keriki tepi, kerikil pasir, dan kerikil piemonte.

4. Batu Bata

Di pasaran, ada banyak jenis batu bata yang dapat Anda pilih. Beberapa contohnya adalah batu bata berah, bata press, dan batako. Masing-masing jenis punya fungsi dan kelebihan berbeda, pun digunakan pada tempat berbeda.

Misalnya batako untuk membuat dinding luar karena kedap air. Sedangkan batu bata merah untuk dinding bagian dalam karena bentuknya yang kokoh dan awet.

5. Besi dan Baja

Ketika bicara tentang tiang atau pondasi bangunan, besi termasuk salah satu bahan bangunan yang tak boleh terlewatkan. Fungsinya tentu saja untuk membuat rumah atau toko menjadi lebih kokoh dan mampu menahan beban berat.

Sedangkan baja memiliki fungsi yang sama, hanya saja sangat cocok digunakan dalam pembuatan jembatan maupun konstruksi mall atau pusat perbelanjaan.

6. Asbes dan Seng

Ketika membuat rumah, tentunya kita berharap ingin terlindung dari hujan dan panas. Untuk itu diperlukan asbes maupun seng. Asbes adalah atap yang terbuat dari fiber atau semen. Sedangkan seng, terbuat dari logam.

Sebenarnya masih banyak lagi material yang tersedia di pasaran, namun beberapa daftar di atas adalah bahan utama yang tak boleh dilewatkan dalam proses pembangunan.

Daftar Harga Bahan Bangunan Terbaru

Setelah mengetahui jenis-jenis bahan bangunan, selanjutnya mari simak daftar harga bahan bangunan terbaru yang bisa jadi referensi bagi Anda sebelum melangkahkan kaki ke toko bangunan terdekat.

Nama Material Harga
Pasir Mundu Rp550.000/Pick Up
Semen Rp 55.000/Sak
Kerikil Rp1.600.000/Truk
Batu Kali Rp320.000/Colt
Batu Koral Rp 373.000/Colt
Batu Bata Rp500/Pc
Asbes 180 x 80 x 0.35 cm Rp 35.000/Lembar
Keramik Rp110.000/Kotak
Batako Rp1.600/Pc
Triplek Mulai Rp75.000/Lembar
Kayu Mulai Rp8.600/Pc
Pipa Rp36.600/0,5 inci

Seperti yang dijelaskan di awal, masing-masing toko dan daerah memiliki harga yang berbeda. Tapi, setidaknya Anda punya gambaran setelah membaca artikel ini.

Nah, itulah beberapa daftar harga bahan bangunan terbaru Maret 2021. Bagi Anda yang ingin membuat rumah atau ruko, sebaiknya kalkulasi dengan baik dana yang harus dikeluarkan. Semoga bermanfaat!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here